INGIN berwisata ke sebuah pulau sambil bersnokeling di Batam? Selain Pulau Abang dan Bintan, kini Batam punya Pulau Petong sebagai destinasi wisata baru yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Pulau Petong dapat menjadi alternatif pengisi liburan yang ternyata tak kalah keren dengan Pulau Abang. Pemandangan bawah lautnya juga tak kalah indah. Bayangkan saja, terumbu karangnya bagus-bagus meski tak warna-warni. Tempat ini recomended sekali bagi para pecinta alam bawah laut.

Pulau ini terletak di Galang. Untuk menempuhnya hampir sama dengan waktu yang dibutuhkan ke Pulau Abang.Dengan kontur air yang tenang, Petong menawarkan pemandangan bawah laut yang cukup indah bagi penikmati snorkeling atau diving. Namun untuk snorkling perlu diketahui waktu yang tepat agar tidak bertemu dengan ubur-ubur atau angin kencang.

Secara nama memang tidak setenar kedua pulau tadi, karena Petong baru muncul ke permukaan sekitar satu tahun lalu. Tetapi sebagian pengunjung yang sudah pernah datang menggangap pulau ini layaknya “surga baru” yang belum banyak dijamah orang.

petong

“Pulau ini airnya tenang, hampir tidak ada ombak karena lokasinya di tengah-tengah dua pulau yang menghimpit, jadi kalau buat snorkeling atau diving sangat cocok. Petong juga belum terlalu lama muncul, karena itu fasilitas juga masih dalam tahap pembangunan,” ucap Julian salah satu guide dari Reefs Adventure kepada Kompas.com, Kamis (19/5/2016).

Pulau Petong merupakan pulang berpasir putih dan berair jernih yang tidak kalah keindahannya dengan pulau Abang. Anda dapat menyaksikan langsung taman laut dan ikan berwarna di pulau ini. Untuk menggunakan paket ini minimal pergi dengan cara berkelompok.

MARORE 2

Saat menyelam atau snorkeling mata pengunjung akan dimanjakan dengan jajaran ribuan karang yang indah untuk dinikmati. Belum lagi dengan biota laut yang masih banyak berkeliaran.

Akses menuju Pulau Petong dari pusat kota Batam kurang lebih memakan waktu 3 jam. Rutenya menuju Jembatan 6 Barelang yang harus ditempuh selama 2 jam. Setelah itu disambung dengan menyeberang selama 45 sampai 60 menit menggunakan boat.

248037_442230685870848_432253672_n

Buat teman-teman yang pengen snorkeling, ayo.. mumpung musim masih bagus. Namun bulan juni ke atas ombak dan arus sudah tak bagus lagi untuk snorkeling dan diving. Puncaknya di bulan september, ketika populasi ubur-ubur meledak. Dan kita baru bisa beraktivitas laut lagi sekitar bulan oktober.

1454729551533

Alternative diving spot dan mancing mania selain dari pulau Petong adalah Pulau Hantu ayang berada dekat dengan Galang, Batam. Memang tak berapa jauh dari Pulau Abang dan Pulau Petong, pulau yang namanya angker ini ada di depan pulau Abang, terdiri dari 3 pulau berjajar tapi terpisah. Untuk mencapai tempat tersebut Anda harus naik pompong atau pancung dari Jembatan 6 Barelang. Air laut di spot ini jernis sekali, tanpa menceburkan diri ke laut pun kita sudah bisa melihat karang-karang yang ada di dasar laut. Pulau Labun berada di seberangnya Pulau Galang. Hanya beberapa menit dari Jembatan 6 Barelang. Di sana kita bisa menikmati keindahan bawah laut serta alamnya yang alami. Anda juga bisa snorkeling di lokasi ini. Tempat ini tentunya menawarkan pemandangan bawah laut dengan terumbu karang yang indah. Bagaimana, Anda ingin mencobanya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here