Apa itu Tax haven?

Tax haven adalah sebutan bagi negara di dunia yang memberikan tarif pajak rendah bahkan sampai 0% demi menarik perusahaan-perusahaan asing untuk menyimpan uangnya di negara tersebut, dan memberikan jaminan kerahasiaan atas aset yang disimpan.

Perusahaan yang beralamat di wilayah tax haven biasanya menjadi alat saja untuk menghindari pajak di negara asalnya.

Di wilayah tax haven juga dapat dilakukan pengelabuan nilai aset, pencucian uang hasil kejahatan, serta pengalihan aset.

Mayoritas negara tax haven merupakan negara kepulauan kecil sehingga sering juga dijuluki sebagai offshore financial centres karena kebaradaannya jauh di tengah lautan

Image result

  Bagaimana Pola tax haven bekerja ?

Para pengusaha yang enggan membayar pajak di negaranya membuat SPV (Special Purpose Vehicle) atau paper company (perusahaan kertas) di negara-negara tax haven.

‘Perusahaan kertas’ artinya perusahaan yang hanya tercantum di atas secarik dokumen dimana wujud ”perusahaan” di negara tax haven hanya berupa setumpuk dokumen sedangkan fisik perusahaan berada di negara-negara asal perusahaan.

Para pengusaha atau orang kaya juga membuka rekening bank offshore di sebuah negara. Kebanyakan bank offshore berada di wilayah yurisdiksi tax heaven

Bank offshore menjadi pilihan favorit bagi orang superkaya untuk mengungsikan harta mereka agar tidak terkena pajak

Apa itu bank offshore?

Offshore banking atau bank lepas pantai mengacu pada orang menyimpan tabungan di rekening bank di luar negara tinggalnya, biasanya di lokasi yang dianggap sebagai surga pajak agar dapat mengklaim hukum serta keuntungan keuangan.

Image result
Ciri-ciri tax haven

1. Sebuah negara, negara bagian atau yurisdiksi dalam suatu negara yang:

Menerapkan tarif pajak rendah bahkan 0%
Tidak transparan dalam pemberian pelayanan administratif dan legislatif, terutama menyangkut masalah keuangan
Memberikan struktur pajak istimewa hanya kepada perusahaan asing saja, tetapi tidak memberikannya kepada penduduk dan usaha lokal
Menerapkan peraturan yang tidak memungkinkan pertukaran data keuangan dengan pemerintah negara lain serta dimaksudkan semata untuk menarik investasi asing.

2. Sebuah negara yang menerapkan tingkat pajak relatif lebih rendah dibandingkan negara lainnya

3. Suatu negara dengan tarif pajak rendah bahkan 0% disertai layanan jasa keuangan dan hukum dengan kerahasiaan tinggi bagi bagi warga dan perusahaan asing.

Keuntungan investor di negara tax haven :

Memberi peluang investor untuk mendapat keuntungan besar dari rendahnya pajak yang diberikan.

Investor juga mendapat kesempatan untuk membuat perusahaan dengan tujuan khusus.

Mempermudah transaksi transfer pricing yakni transaksi barang dan jasa antara beberapa divisi pada suatu kelompok usaha dengan harga tidak wajar, bisa dengan menaikkan (mark up) atau menurunkan harga (mark down), kebanyakan dilakukan oleh perusahaan global (Multi-National Enterprise). Tujuannya, pertama, untuk mengakali jumlah profit sehingga pembayaran pajak dan pembagian dividen menjadi rendah

Perusahaan di tax haven tidak memiliki pegawai dan kantor seperti perusahaan biasa Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here