Toyota seakan tidak ingin melepaskan kesempatan untuk mendominasi penjualan mobil di Indonesia, setelah meluncurkan Toyota Sienta kini giliran mobil LCGC tujuh penumpang yang akan diluncurkan oleh pabrikan otomotif asal Jepang ini. Mobil yang merupakan “Adik Toyota Avanza” siap diluncurkan pada 2 Agustus 2016 tepatnya di ajang GIIAS 2015. Mobil ini akan dberi nama Toyota Calya. Kata Calya diambil dari bahasa Sansekerta yang memiliki artinya sempurna.

Sedangkan untuk posisinya ada diantara Toyota Avanza yang ada dikelas low MPV dan Toyota Agya yang bermain di kelas LCGC.

Eksterior Toyota Calya

Desain
Kalo dilihat secara sekilas, tampilan wajah depan terlihat mirip dengan Vios atau Yaris yang memiliki ciri khas desain Keen Look. Bahasa desain ini pertama sekali diperkenalkan oleh Toyota lewat Auris. Desain velgnya two tone terlihat bagus dengan ukuran 14 inchi.

Bagian depan dari foto yang beredar, masih menggunakan emblem yang sama dengan Toyota Agya yaitu lambang Garuda. Selain itu Toyota Calya ini juga akan memiliki kembaran dari Daihatsu yang diberi nama Daihatsu Sigra.

Toyota Calya Agya Indonesia

Pihak Toyota juga menyatakan bahwa produk Calya dan Sigra ini lebih kurang sama dengan Toyota Agya dan Ayla yang dipanjangkan sehingga memuat tujuh orang penumpang dewasa karena memiliki dimensi yang lebih panjang dari kompetitor. Sebelumnya mobil 7 penumpang buatan Daihatsu ini sudah terlebih dahulu diperkenalkan pada tahun sebelumnya yang masih berupa konsep di IIMS 2014 dengan nama Daihatsu UFC-3.

Toyota Calya Agya Indonesia

Sepertinya tren 5+2 ini berangkat dari Datsun Go Panca dan Honda Mobilio yang juga memiliki basisi dari mobil LCGC. Namun untuk di Indonesia pasar mobil ini meningkat penjualannya karena harga yang murah serta daya angkut yang cocok dengan karakter orang Indonesia.

Mesin
Rencananya produk besutan Daihatsu-Toyota ini akan menggunakan mesin yang memiliki kode 3NR-FE DOHC, 3 silinder berkapasitas 1.2 liter dengan teknologi Dual VVT-i untuk menghasilkan tenaga lebih besar sesuai dengan ukuran bodi mobil yang juga diperpanjang yaitu  mencapai 88 PS dengan torsi 10,8 Nm. Untuk transmisi rencananya hanya menggunakan 5 percepatan dan otomatis. Jika dibandingkan dengan datsun Go tentu lebih besar tenaganya, karena Datsun Go hanya mampu mengeluarkan daya 68 dk dan torsi 104 Nm.

Teknologi Dual VVT-i ini juga membuat konsumsi bahan bakar menjadi irit dan kompresi juga menjadi naik yaitu 11,5:1 sehingga tidak disarankan untuk menggunakan bahan bakar beroktan 88 atau premium.

Pilihan mesin lainnya juga disematkan pada mobil ToyoDai ini yaitu, mesin yang digunakan oleh Agya/Ayla yaitu mesin 1.0 liter berkode 1KR-FE 3 silinder dengan tenaga 67 PS dan torsi 8,7Nm yang rencananya hanya hadir dalam transmisi manual saja.

Toyota Calya Agya dan Daihatsu Sigra Alya

Fitur Utama
Inilah kemungkinan Fitur-fitur utama pada Toyota Calya dan Daihatsu Sigra:

+ Fitur Dual airbags di dpena sebagai standar pada Calya. UNtuk Sigra dikabarkan hanya memiliki airbag hanya pada beberapa tipe saja.

Toyota Calya Agya Indonesia

+  Fitur immobilizer juga akan menjadi standar kelengkapan untuk Calya.

+ Fitur Isofix untuk tempat duduk bayi dan juga seatbelt 3 titik pada semua jok dari depan hingga jok bagian belakang.

+ Fitur ABS, berarti ini mobil LCGC pertama yang menggunakannya.

+ AC double blower (kipas angin) yang menyalurkan angin AC dari blower depan sehinnga membuat ruang kabin makin dingin merata sampai ke baris belakang. Toyota menyebutnya dengan naman Rear Air Circulation. Idenya bagus juga sih, biar kinerja mesin gak terlalu berat.

+ Power Windows pada bagian keempat pintunya.

+ Head unit Toyota Calya tipe tertinggi sudah dilengkapi dengan koneksi bluetooth.

+ Tuas persneling akan menyatu dengan dashboard sehingga ruang kaki kabin depan semakin luas.

Tipe Toyota Calya
Menurut beberapa sumber, Toyota Calya akan hadir dalam dua tipe yaitu tipe E dan G dan juga pilihan manual dan otomatis.

Untuk tipe G, Toyota Calya memiliki kelengkapan yang sama dengan Toyota Agya, seperti head unit double din, Power Window, Speedometer dengan MID, eletric mirror. Sedangkan fitur keamanan juga dilengkapai dengan remote alarm, dual airbags dan plus dengan penambahan kursi ISOFIX di kursi belakang. Velg sudah mengguankan alloy berukuran 14 inci.

Toyota Calya Agya IndonesiaToyota Calya Agya Indonesia

Pada tipe E hanya dilengkapi power windows pada pintu depan saja, dual airbags, head unit single din, tanpa fog lamp dan electric mirror serta bagian velgk kaleng dengan dilapisi dop.

Tipe Daihatsu Sigra
Hampir sama dengan Daihatsu Ayla, Sigra akan hadir dengan 4 pilihan tipe yang akan ditawarkan untuk kosume yaitu tipe D, M, X dan R sebagai tipe tertinggi. Perbedaannya adalah pada pilihan mesin dan aksesoris

Sigra Tipe D dan M rencananya menggunakan mesin yang sama dengan Daihatsu Ayla yaitu mesin 1.0 liter berkode 1KR-FE bertransmisi manual.

Sigra Tipe dan tipe R akan didukung oleh mesin 1.2 liter Dual VVT-i hasil pengembangan dari Etios, dengan pilihan transmisi manual dan otomatis.

Harga
Daihatsu Sigra akan langsung disiapkan untuk berhadapan dengan Datsun GO+ Panca dan Datsun Redi Go. Untuk harga, bisa jadi harga bisa bersaing dengan Datsun Go yang memiliki banderol paling murah 94 juta Rupiah. Daihatsu Sigra kemungkinan akan dibanderol dengan harga Rp. 99 juta hingga 136 juta. Sedangkan untuk Toyota Calya kemungkinan akan dibanderol dengan harga Rp 130 – Rp 150 juta.

+ Toyota Calya akan dibanderol mulai Rp 125 juta sampai Rp 140 jutaan dan sudah bisa dibooking dengan mahar Rp 5 juta saja.

Menurut info dan gosip yang beredar Toyota Calya akan diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 yang berlangsung di ICE, BSD City, Tangerang.

Foto Daihatsu Sigra
Update foto Daihatsu Sigra terbaru yang disadur dari otomotif,net.com

Sepertinya ini foto diambil dari sebuah brosur. :). Tampangnya mirip dengan xenia, dengan grill besar . Sedangkan fog lamp terlihat tajam dan terkesan sporty.


Penampakan jok baris depan hingga ke belakang, Ukuran lebar kabinnya juga lebih memadai dari LCGC lainnya yaitu kabin di kursi depan 720 mm, kursi baris kedua 690 mm serta kursi baris ketiga dengan luas 640 mm.


Keren juga ya tampilannya, perpaduan Xenia dan Innova? terutama pada bagian samping dan pilar kaca belakang.

Dashboardnya dengan warna two tone, hitam dan krem serta tuas transmisi menyatu dengan dashboard.

Tampak belakang masih dengan ciri lampu bergaya ala reflektor. tapi agak sedikit maksa kesannya. hehe. Emblem Sigra pada bagian bawah dan terlihat juga logo VVT-i.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here