Bulan Januari kemarin, Suzuki Ertiga-san mendapatkan line-up baru dengan dengan menggendong mesin diesel. Melihat mesin mobil baru yang akan digunakan oleh Suzuki Ertiga yang merupakan blasteran Jepang-India dan Italy ini bermesin 1.3L dan merupakan mesin yang sangat ditunggu-tunggu oleh penggemar mobil diesel di negara berkembang. Mobil berjenis MPV 7 seater yang agak dipaksakan ini, diproduksi oleh Suzuki mulai tahun 2012. Mesin tersebut bisa dibilang cukup fenomenal dengan performa dan konsumsi bahan bakar yang sudah dibuktikan di negara India dengan Maruti Suzuki yang sudah lebih dahulu memasarkan Ertiga Diesel disana.

Biasanya mobil dengan bahan bakar diesel dikenal memiliki tingkat kebisingan yang tinggi. Tetapi tidak pada Suzuki Ertiga Diesel ini yang memiliki kelebihan suara mesin cukup tenang untuk kelas mobil diesel.

Sudah banyak reviewer Youtube bayaran yang telah menguji mesin berkode D13A yang digunakan oleh Suzuki Ertiga ini. Mesin buatan negeri Bollywood ini merupakan hasil kerja sama dengan FIAT yang juga dikenal dengan nama Fiat Multijet engine. Meskipun tenaga yang dihasilkan oleh mesin diesel ini lebih kecil 5 Ps dari mesin bensin yaitu 90 Ps pada putaran mesin 4.000 Rpm. Tetapi, torsi yang bisa dihasilkan oleh mesin diesel ini jauh melampaui versi mesin bensin dengan torsi 200 Nm pada putaran mesin rendah 1.750 Rpm. Hal tersebut dihasilkan dari teknologi terbaru yang digunakan yaitu VGT (Variable Geometry Turbo) dan CRDi (Common Rail Direct Injection). Kedua teknologi tersebut bisa dibilang wajib digunakan untuk mesin kecil berbahan bakar diesel untuk meningkatkan torsi.

Bahkan menurut pantauan yang beredar dari test-drive pihak Suzuki saat digunakan melaju pada kecepatan 120 km/jam pada posisi gigi 5 dengan putaran 2.600 Rpm tidak akan terasa seperti kita berada di dalam sebuah mobil bermesin diesel.Pantaun harga sementara Suzuki ErtiGa muka sama hati beda ini ditawarkan seharga Rp. 219 Juta saja untuk On The Road Jakarta. Nah loh bagaimana dengan sirunner up penjualan 2016 Honda-san?

Kabar panasnya pasar Diesel MPV ini ditanggapi serius oleh Honda-san. Beda dengan kebanyakan negara lain, Honda punya varian khusus HR-V di China, bakal bisa “menenggak” solar. Small SUV itu sebenarnya sudah dipasarkan di Eropa sejak 2015 lalu, dan akan diperbaharui dengan menggunakan mesin diesel tiga silinder berkapasitas 1.000 cc turbocharger. Mobil HRV diesel ini diklaim lebih hemat konsumsi solarnya 4.0 l/100km dan lebih bersih dari Embah mesin diesel seperti Isuzu, dilevel emisi CO2 104 g/km.

Honda BR-V, sebuah crossover 7 seater yang KATANYA khusus untuk melewati berbagai kondisi jalan dengan penuh ketangguhan, tapi kok ceper? Krisis identitas

Bila melihat dari sepesifikasinya, kemungkinan besar diesel yang digunakan merupakan mesin sama yang digunakan Civic 180Turbo. Meski memiliki kapasitas lebih kecil, tapi mesin tersebut mampu memproduksi tenaga hingga 123 tk dengan torsi 173 Nm. Seperti diketahui, karakteristik konsumen China memang cukup unik. Rata-rata produsen otomotif yang ingin sukses harus menuruti keinginan konsumen agar produk diterima. Honda HR-V diesel akan dipasarkan oleh Guangqi Honda, yang diluncurkan pada 29 Maret 2017 mendatang. Meski dikabarkan akan memiliki beberapa varian seperti mesin 1.6 litre diesel dengan power 118bhp seperti yang ada di Inggris.

Suzuki Ertiga sendiri dinamakan berasal dari bahasa Indonesia, yaitu gabungan dari: Er (dari huruf R) yang berarti Row (baris) dan Tiga yang berarti angka 3, berarti mobil yang memiliki 3 baris pada interiornya dengan berkapasitas 7 orang penumpang dewasa/ 7 seaters, sedangkan Honda HR-V sudah pasti dengan posisi 5 seater yang kemungkinan bisa juga diubah panjang chassisnya menjadi 7 seater. Sayanganya belum ada bocoran mengenai kisaran harga jualnya. Kita tunggu saja kabar baiknya di akhir bulan Maret!

Berikut Spesifikasi Ertiga Diesel VS Honda HRV Solar:

Samurai Honda HRV-San Suzuki Ertiga-san
Kode I-DTEC D13A
Isi silinder 1,026 liters (36.2 cu-ft) 1248
Jumlah silinder 3 4
Turbo Turbo VGT
Tenaga Mesin 120PS (118hp) @ 6.600 Rpm 90 PS @ 4.000 Rpm
Torsi 173 Nm @ 1.230 200 Nm @ 1.750
Seat 5,5 Seater, 2 Baris 7 Seater, 3 Baris
Sistem pengapian I-DTEC CRDi
Bobot Kendaraan 1,222 1.845
Transmisi Manual 5 Percepatan Manual 5 Percepatan

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here