Apa yang kamu bayangkan tentang satwa unik Australia? Ya tepat sekali Kangguru atau dalam bahas inggris ditulis Kangaroo. Pelafalan Kangaroo dalam bahasa Inggris dan Kangguru dalam bahasa Indonesia sebenarnya sama loh. Tapi tahukah kamu kalau di Asutria tidak ada Kanggurua? eits Austria loh kurang ‘AL’ nya heehehe.. Austria itu adalah negara Eropa yang dilatarbelakangi oleh budaya Jerman yang kental. Jadi Kangguru bukan berasal dari Eropa tapi dari Australia, sebuah negara benua yang terletak diselatan Indonesia. Australia kaya akan satwa asli seperti Kangguru, dan banyak di antaranya hanya bisa ditemukan di sini.

Australia memiliki lebih dari 140 spesies hewan berkantong, termasuk kanguru, walabi, koala, dan wombat. Di Australia terdapat 55 spesies asli kanguru dan walabi. Ukuran serta berat kanguru dan walabi sangat bervariasi, mulai dari setengah kilogram sampai 90 kilogram. Perbedaan utama antara keduanya adalah ukuran — walabi biasanya lebih kecil. Perkiraan populasi kanguru Australia berkisar antara 30 sampai 60 juta. Anda pasti dapat dengan mudah melihat kanguru di alam liar di sebagian besar wilayah pedesaan Australia. Di Victoria, Anda dapat melihatnya di Anglesea, yaitu di Great Ocean Road dan di Grampians.

Selain di kebun binatang, di Indonesia tepatnya di Wasur (Merauke) juga ada kangguru loh. Kangguru kecil atau wallaby adalah sebutan informal yang umumnya digunakan untuk macropoda yang lebih kecil dari kanguru atau wallaroo yang belum ditunjuk sebaliknya.

Hewan ini pun dapat dijumpai di Kangaroo Island dan Flinders Ranges di Australia Selatan. Anda dapat melihatnya dari jarak dekat di Namadgi dan Kosciuszko National Park, pegunungan Alpen Australia di Pebbly Beach, New South Wales, dan di Maria Island, Tasmania.

Wallaby atau walabi adalah sejenis kangguru berukuran kecil yang termasuk dalam keluarga taksonomi yang sama seperti kanguru dan kadang genus yang sama, namun kanguru secara khusus dikategorikan ke dalam enam spesies keluarga terbesar.  Walabi tersebar di seluruh Australia, terutama di kawasan yang terpencil, berbatu-batu, dan terjal. Anda dapat melihatnya dari jarak dekat di Flinders Ranges, Australia Selatan, di Freycinet National Park, Tasmania, serta di Namadgi dan Kosciuszko National Park di pegunungan Alpen Australia. Di daerah pedalaman, Anda akan sering melihatnya berlompatan saat menyeberangi jalan.

Koala biasanya menghuni hutan kayu ekaliptus, dan daun pohon ini merupakan sebagian besar makanan mereka.

Selain Kangguru, Dia Australia juga ada hewan serupa dengan beruang namun lagi-lagi berkantung, yaitu Koala. Semua orang suka koala, tetapi ketahuilah — hewan ini bukan beruang. Anda dapat melihat koala di sepanjang pantai timur Australia yang beriklim sedang.

Karena daun eucalypt ini memiliki kandungan nutrisi dan kalori yang terbatas, koala sebagian besar tidak banyak duduk dan tidur hingga 20 jam sehari. Mereka adalah binatang asosial, dan ikatan hanya ada di antara ibu dan keturunan dependen.

Beberapa tempat yang paling disukai koala untuk bercengkerama adalah Tidbinbilla Nature Reserve, dekat Canberra; Port Stephens di New South Wales, dan Lone Pine Koala Sanctuary di Queensland. Anda dapat mengamati hewan ini di alam liar di Phillip Island, Victoria dan Yanchep National Park, Australia Barat.

Makhluk lain yang dapat Anda temukan di Australia adalah wombat — hewan penggali yang gemuk ini dapat mencapai berat 36 kilogram. Wombat diperkirakan telah menyimpang dari keluarga hewan berkantong marsupial Australia lainnya yang relatif lebih awal, selama 40 juta tahun yang lalu, sementara beberapa ahli memperkirakan mereka berevolusi secara unik sekitar 25 juta tahun.

Hewan ini juga sulit dilihat di alam liar, tetapi paling mungkin dijumpai di Blue Mountains National Park dan Kosciuszko National Park di New South Wales,Wilsons Promontory di Victoria, Cradle Mountain-Lake St. Clair di Tasmania, dan di taman-taman nasional di Australia Selatan.

Meskipun studi genetik tentang Vombatidae telah dilakukan, evolusi keluarga Wombat belum bisa dipahami dengan baik.  Sementara beberapa teori menempatkan wombat sebagai kerabat mini diprotodont atau hewan badak, studi yang lebih baru menempatkan Vombatiformes sebagai memiliki evolusi paralel yang berbeda, oleh karena itu klasifikasi mereka saat ini sebagai keluarga yang terpisah