Kelahiran bayi kembar siam Yuliana dan Yuliani menggegerkan Indonesia pada tahun 1992. Setelah 24 tahun berlalu, kini Yuliana dan Yuliani sudah menjadi gadis cantik.

“Sekarang Yuliana dan Yuliani sudah 24 tahun. Tampak seperti kembar biasa. Yang hebat, satunya sudah menjadi dokter, satunya lagi sedang penelitian untuk gelar Doktor IPB. Masihkah kita merasa paling malang dan tak bisa bangkit?,” tulis pemilik akun Facebook Syakieb Sungkar saat mengunggah foto Yuliana dan Yuliana.

Postingan Syakieb Sungkar yang memperlihatkan foto sebelum operasi dan foto terkini Yuliana dan Yuliani sudah di-like 75 ribu orang, dibagikan 9.306 kali dan dikomentari 7,9 ribu orang.

Yuliana dan Yuliana adalah kembar dempet kepala yang berhasil dipisahkan. Gadis cantik yang akrab disapa Ana dan Ani itu berasal dari daerah Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

Yuliana dan Yuliani

Yuliana dan Yuliani. Foto via Tabloid Nova

Seperti cerita kebanyakan orang, bayi kembar siam yang melakukan operasi biasanya hanya salah satu dari anak kembar yang selamat. Tetapi berbeda dengan kisah Yuliana dan Yuliani.

Yuliana dan Yuliani menjalani operasi pemisahan kepala pada 21 Oktober 1987. Ketika itu, Yuliana dan Yuliani berusia 2 bulan 21 hari.

Si kembar siam ini melakukan operasi pemisahan kepala di RSCM Jakarta. Dengan melibatkan banyak dokter, akhirnya Yuliana dan Yuliani selamat dalam operasi tersebut.

Yuliana dan Yuliani

Yuliana dan Yuliani (Facebook/Syakieb Sungkar)

Pasca operasi, Yuliani dan Yuliana sempat dititipkan di panti milik Depsos di Margaguba. Kembar siam kelahiran Riau, 31 Juli 1987 itu tumbuh sehat dan pintar. Saat ini, Yuliana dan Yuliani telah tumbuh menjadi wanita dewasa yang cantik dan berprestasi.

“Kami tahu kami lahir sebagai kembar siam saat masih TK. Mama dan Papa sering nunjukin kliping koran dan majalah. Mereka berterus-terang, kami lahir sebagai kembar dempet,” ucap Yuliana yang dianggap lebih tua, seperti dilansir Tabloid Nova.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here