‘Tuntutlah ilmu setinggi langit‘. Kenapa ‘setinggi langit’? karena tinggi langit tidak dapat diukur dan tidak ada batasnya.

Artinya selama kita hidup kita harus belajar. Menimba ilmu sebanyak mungkin bahkan sampai tua sekalipun. Dan tidak berhenti belajar sampai maut memisahkan (tidak akan pernah berhenti belajar kecuali seseorang itu meninggal dunia).

Belajar tidak dilakukan disekolah formal saja melainkan di tempat Bimbel dan Kursus di Fortuner.id adalah pilihan yang terbaik karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Pada anak usia dini belajar dapat dilakukan dengan hal yang menyenangkan seperti bermain. ‘Bermain sambil belajar’ dan ‘belajar seraya bermain’.

Belajar dari pengalaman, belajar dari membaca (membaca buku atau membaca lingkungan), belajar dari melihat, belajar dari mendengar, belajar dengan merasakan, belajar dengan melakukan. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk belajar dan untuk mendapatkan ilmu.

Apa gunanya sih kita Belajar?

1. Mudah Cari Kerja

Orang tua pada umumnya selalu menasehati untuk kita belajar yang rajin dimana berharap memiliki pendidikan yang tinggi, lalu sudah besar nanti mudah dapat pekerjaan. Nasehat orang tua memang benar adanya. Mungkin sebagian dari Kamu merasa bahwa udah kuliah sarjana masih susah cari kerja. Mudah atau tidaknya cari kerjaan tergantung dengan pribadi masing-masing. Pasti ada alasan kenapa sulit cari kerja, seperti terlalu banyak memilih misalnya.

Pendidikan yang tinggi Kamu sadari atau tidak memudahkan Kamu mendapatkan kerja. Coba bayangin aja jika Kamu tidak sekolah. Nggak mungkin dong Kerja kantoran. Lihat orang sekitarmu yang tidak mengenyam pendidikan yang tinggi. Apa kerja mereka?

2. Mempermudah Kesuksesan

Dengan pendidikan Kamu bisa mempermudah langkahmu jadi orang sukses. Sebagian besar orang yang sukses memiliki pendidikan yang baik. Jika saat ini ada orang sukses namun tidak berpendidikan tinggi itu hanya segelintir orang saja.

Bill Gates dan Mark Zuckerberg tidak lulus kuliah bisa sukses kaya raya? Yang seperti itu  semua orang tidaklah bernasib sama. Mereka berdua memang tidak lulus, tapi lihat dimana mereka awalnya kuliah. Mereka kuliah di Universitas Harvard yang berarti keduanya adalah orang yang pintar.

Kamu ingin memiliki bisnis yang bagus? Dengan pendidikan Kamu akan melangkah lebih mudah. Kamu akan mudah menentukan strategi apa yang akan digunakan. Lihat bisnis-bisnis startup saat ini, itu ada karena mereka memiliki pendidikan yang baik.

3. Lebih Dihargai

Menjadi orang pintar atau memiliki pendidikan yang tinggi akan lebih dihargai oleh orang lain. Apapun ucapannya yang baik pasti akan didengar. Karena mereka tau bahwa orang pintar yang berpendidikan akan berbicara berdasarkan ilmu bukan asal ngomong aja.

Lihat orang yang telah menempuh pendidikan sampai gelar doktoral. Orang akan sungkan jika asal bicara padanya. Yang paling dekat dengan kita seperti kyai atau ustad misalnya. Mereka dihargai dan orang sopan padanya karena ilmu agamanya tinggi.

Kamu udah lulus sarjana belum? Kalau udah coba deh lihat para tetanggamu akan senang berbicara denganmu. Itu tanda bahwa mereka sangat menghargaimu.

4. Berpikir Positif

Orang pintar yang berpendidikan tinggi selalu berpikir positif. Mereka tidak mudah terhasut oleh isu-isu yang belum jelas asal-usulnya. Suatu hal akan dipercaya jika memang ada buktinya. Tidak asal percaya begitu saja pada siapapun.

Apakah Kamu sekarang masih mudah dihasut orang? Jika iya maka Kamu perlu menambah ilmu. Dengan ilmu pikiranmu akan lebih mudah mencerna suatu hal. Dengan begitu apapun kabar baik buruknya Kamu akan lebih bijak dalam mengambil tindakan.

Selain itu, lihatlah media sosial orang-orang pintar yang berpendidikan. Mereka membagikan status yang memang bermafaat bagi orang lain.

5. Menghilangkan Kesombongan

Seperti ilmu padi, semakin berisi semakin merunduk bergitu pula dengan orang berilmu atau berpendidikan. Yang perlu Kamu tau bahwa semakin tinggi ilmu yang didapat maka Kamu akan merasa tidak bisa apa-apa.

Orang yang berpendidikan akan jauh dari yang namanya sifat sombong. Mereka tau bahwa ilmu yang mereka dapat masih belum ada apa-apanya dibandingkan ilmu yang ada sesungguhnya. Dengan begitu sifat sombong akan hilang.

Kebalikan dari ilmu, harta bisa membuat kita terlena dan menjadi sombong. Oleh sebab itu perbanyaklah menuntut ilmu. Jika Kamu jadi orang kaya, Kamu akan jadi orang kaya yang baik hati dan tidak sombong.

6. Memperbaiki Nasip

Orang tua selalu berharap anaknya bernasip lebih baik darinya. Salah satu cara orang tua agar anaknya bernasip lebih baik adalah menyekolahkannya. Mereka berharap anaknya bisa bekerja lebih mudah dan mendapatkan hasil lebih baik.

Banyak dari kalangan kita yang hidupnya kurang beruntung. Cara merubah mereka salah satunya dengan memberikan ilmu. Pemerintah juga telah baik memberikan beasiswa kepada mereka yang tidak mampu. Tujuannya agar hidup mereka kelak akan lebih baik.

7. Warisan Terbaik sebagai Investasi Seumur Hidup

Orang tuamu banyak hartanya? Dan Kamu pasti berharap dong dapat warisannya? Sebenaranya warisan yang terbaik untukmu adalah ilmu atau pendidikan. Harta bisa habis dalam sekejap jika tanpa ilmu. Ilmu bisa membuatmu menghasilkan banyak harta.

Jika orang tuamu memiliki harta melimpah, mintalah mereka untuk menyekolahkanmu setinggi mungkin. Kamu tidak akan tau nasip kedepan seperti apa. Dengan adanya ilmu paling tidak itulah hartamu yang tidak akan habis.

Ilmu adalah harta yang tak berwujud namun tak ternilai harganya. Warisan yang diberikan orang taumu akan awet dan bermanfaat untuk kehidupanmu. So, mending mana kuliah atau beli mobil?

Inverstasi tidak semuanya berbentuk harta benda. Ilmu dan pendidikan tinggi juga merupakan investasi. Investasi jenis ini memang tidak dinikmati dalam waktu singkat. Tapi investasi pendidikan akan bermafaat untuk beberapa tahaun yang akan datang.

Kamu sadari atau tidak orang tuamu menyekolahkanmu tinggi-tinggi adalah investasi jangka panjang. Mereka berharap Kamu jadi orang sukses. Dengan begitu, dihari nanti tua Kamu jadi harapan mereka untuk memenuhi semua kebutuhan.

jadi ilmu juga dapat diperoleh ketika kamu mengikuti les dan bimbel di Fortuner.id, agar merubah masa depan mu menjadi lebih cemerlang.