PT Triangle Motorindo sebagai produsen Viar Motor Indonesia, resmi memperkenalkan sepeda motor listrik. Dalam mengembangkan skuter listrik bernama Q1 ini, merek asal Indonesia itu bekerjasama dengan perusahaan penyedia teknologi dan layanan, Bosch.

“Grand Launching akan kita lakukan pada 7 Juni 2017. Kita akan jelaskan semuanya nanti, sekarang kita hanya memperkenalkan sekaligus membuka pemesanan,” ujar Deden Gunawan, Corporate Manager PT Triangle Motorindo di Kantor Pusat Viar, Sunter, Jakarta Utara, Senin (15/5/2017).
Skuter listrik Viar ini sumber dayanya menggunakan baterai tipe Lithium-ion berkapasitas 60V 20Ah dengan daya 800 watt. Lalu bagaimanakah tenaga dari motor listrik ini?. Kalau dibandingkan dengan mesin motor konvensional bensin maka dihitung secara matematika, 34.5cc = 1hp, maka 1hp = 746 watts. Jadi kira-kira 800 watt itu masih +1hp lah atau setara dengan motor bensin 40 cc yang 2 tak (karena motor listrik lebih responsif daripada mesin 4 tak, jadi bisa dibandingkan dengan mesin 2 tak).
Motor listrik bermerek Viar ini belumlah diketahui kepastian manufakturnya asli buatan Indonesia atau RAKITAN indonesia dengan komponen yang diimpor.

“Hadirnya skuter listrik ini sebagai bentuk dukungan kami terhadap pemerintah yang menginginkan hadirnya alt transportasi tanpa polusi asap dan tanpa menggunakan bahan bakar fosil, sesuai dengan perpres nomor 22 tahun 2017,” ujar Deden.

 

Walaupun ditenagai motor penggerak listrik buatan Bosch, motor ini masih bertenaga setaraf dengan kipas angin industri, motor ini dinilai sudah layak untuk siapa saja yang malas bepergian jarak dekat seiring dengan langkanya premium. 
Pengisian daya baterai dari kosong hingga penuh masih butuh waktu hingga lima jam. Sementara daya jelajah skuter listrik Viar ini, dalam kondisi baterai terisi penuh bisa berjalan sejauh 70 km. Mengenai kecepatan maksimal mencapai 60 kpj.

Sementara Amine Kamel, Director Automotive Electronics Bosch South East Asia, bahwa perusahaan percaya pada mobilitas yang bersih dan berkelanjutan. Di websitenya motor iar Q1 ini dibanderol sekitar IDR 16,2 Juta dengan cash back IDR 700 ribu untuk pembelian awal.

“Kolaborasi ini menjadi bukti kami dalam menghadirkan solusi transportasi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia,” kata Kamel di tempat sama.

Namun walaupun motor ini di launching dekat dengan bulan puasa, motor ini gabakalan kuat deh dipakai untuk mudik, apalagi yang pulang kampung jarak jauh. Usaha Viar untuk menawarkan mesin motor listrik ini tetaplah layak untuk diancungi jempol.

 


 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here