Presiden Federasi Serikat Mikronesia Peter M. Christian ternyata masih memiliki darah Indonesia.

Demikian diungkapkan Presiden Joko Widodo dalam pernyataan pers bersama Christian di Ruang Teratai, Istana Presiden Bogor, Rabu (18/7/2018).

“Indonesia merupakan negara yang tidak asing bagi Presiden Christian. Beliau memiliki darah keturunan Indonesia, yaitu keturunan Maluku, generasi ketiga di Mikronesia,” ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan, hal ini membuktikan bahwa Indonesia dan Mikronesia memiliki ikatan antarmasyarakat sejak puluhan, bahkan ratusan tahun lalu.

“Kunjungan Presiden Christian ke Indonesia ini pun menjadi tonggak baru hubungan kedua negara, sebuah hubungan yang sangat saling menghormati dan saling menguntungkan,” ujar Jokowi.

Christian sendiri dalam kesempatan selanjutnya mengakui, selepas kunjungannya ke Istana Presiden Bogor, ia memang akan berkunjung ke kampung halaman buyutnya.

“Saya juga mempertimbangkan menambah acara ziarah ke tempat garis keturunan keluarga saya di dalam kunjungan resmi saya ini. Terima kasih Pak Jokowi karena sudah membuat saya bisa mengunjungi Ambon,” ujar Christian.

source: Wikipedia,tribun