Kita semua berharap, seperti yang pernah disampaikan Presiden Jokowi menyambut Natal 2014, “semoga Natal membawa kedamaian. Damai di langit, damai di bumi dan damai di hati. Dalam rangka menyambut hari raya Natal dan Tahun Baru, dengan ini kami menginformasikan bahwa jam operasional Batam-City tidak akan mengalami perubahan. Bagi customer setia Batam-City yang telah membooking dan menyelesaikan transaksi travellingnya, itinerary tetap bisa disesuaikan.

Ritual menyambut hari raya itu sudah dimulai sejak malam ini dan besok, Minggu 25 Desember, umat Kristiani di Batam akan merayakan Natal. Sayangnya, sampai dengan hari ini, kita masih harus menyaksikan umat Kristen merayakan Natal dalam suasana yang diliputi kekhawatiran. Rasa khawatir dari umat Kristen dalam menyambut Natal tahun ini menjadi sebuah kewajaran di tengah maraknya aksi oleh sekelompok orang yang sebenarnya tidaklah mewakili wajah Islam yang sejati.

Ironis memang bahwa Negara dengan konstitusi yang menjamin kebebasan para pemeluk agama untuk melaksanakan ibadah agamanya masing-masing ini masih belum mampu memberikan rasa aman. Keadaan yang terus berjalan bertahun-tahun dan bergonta-ganti pemerintahan justru terjadi sejak reformasi digulirkan pada 1998-1999.

Anggota Tim Densus 88 Antiteror mengamankan sebuah tas yang berisi sebuah senjata laras panjang saat melakukan penggeledahan di salah satu rumah terduga teroris di Batam, Kepulauan Riau, Jumat (5/8/2016). (ANTARA FOTO/M N Kanwa)
Anggota Tim Densus 88 Antiteror mengamankan sebuah tas yang berisi sebuah senjata laras panjang saat melakukan penggeledahan di salah satu rumah terduga teroris di Batam, Kepulauan Riau, Jumat (5/8/2016). (ANTARA FOTO/M N Kanwa)

Dalam beberapa pekan ini, aparat kepolisian menangkap jaringan teroris yang berencana meledakkan bom. Selain menjadikan Istana Presiden dan pos polisi sebagai target, aksi teroris kemungkinan besar juga menjadikan gereja sebagai target pengeboman seperti yang pernah terjadi di bulan november lalu Dalam pengembangan kasusnya, aparat kepolisian terutama Detasemen Khusus Anti Teror Densus 88 telah menangkap sejumlah terduga teroris dan menjinakkan bom seperti di Bintara Jaya, Bekasi, Padang, Batam dan Tangerang Selatan.

Anggota Densus 88 kemudian menangkap 11 orang terduga teroris jaringan M. Nur Solikhin alias MNS yang kabarnya jaringan Islamic State of Iraq Syria (ISIS). Aparat juga menangkap seorang terduga teroris ang gota kelompok Katibah Gigih Rahmat (KGR) di Batu Aji, Batam, Ke pulauan Riau. Penangkapan juga terjadi di wilayah Sumatra Barat. Mengutip keterangan otoritas keamanan, aparat dari Brigade Mobil (Brimob) harus melakukan sterilisasi sejumlah gereja di berbagai penjuru seluruh Indonesia untuk menjamin keamanan perayaan hari raya Natal 2016.

Aparat kepolisian juga akan berpatroli di pusat-pusat keramaian dan fasilitas umum untuk memantau situasi keamanan menjelang dan selama perayaan Natal dan Tahun Baru yang merupakan kegiatan selama 10 hari mulai 23 Desember 2016 hingga 1 Januari 2017, Operasi Lilin 2016 melibatkan 150.000 personel pasukan gabungan TNI-Polri. Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menyebutkan bahwa kepolisian akan memantau kemungkinan munculnya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) mulai dari kejahatan konvensional, konflik keagamaan, sampai kemungkinan aksi terorisme. Soal keamanan selama perayaan Natal dan Tahun Baru bahkan menjadi perhatian khusus Presiden Joko Widodo yang disampaikan saat membuka rapat terbatas bertopik persiapan Natal dan Tahun Baru di Kantor Presiden, Jakarta pada Kamis (22/12).

Segenap staff dan guide Batam-City berharap, segala persiapan yang dilakukan aparat kepolisian dan TNI dibantu oleh masyarakat mampu memunculkan rasa aman bagi umat Kristen yang merayakan Natal, dan juga rakyat yang akan menyambut datangnya Tahun Baru 2017. Kepada umat Kristen yang merayakan, harian ini mengucapkan Selamat Hari Natal 2016.


Tim Batam-City Sentosa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here