3 Tips Finansial Berlibur Rame-rame Anti Bokek

0
33

Perjalanan wisata nggak hanya membutuhkan alokasi waktu tapi juga uang yang nggal sedikit. Biaya yang dibutuhkan pun bervariasi, mulai dari waktu, jenis akomodasi hingga tingkat kesenangan yang ingin diraih. Tentunya semakin lama dan mewah liburan yang diinginkan maka biaya yang dibutuhkan bertambah. Nah, untuk itu perlu perencanaan keuangan untuk membiayai perjalanan tersebut. Coba deh beberapa kiat jitu ini untuk liburan seru tanpa bikin bangkrut.

1. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senanglah kemudian

Demi liburan impianmu, terkadang kamu harus melakukan penghematan. Mulai dari mengurangi frekuensi makan di luar atau menonton bioskop, hingga menahan hasrat belanja saat sedang melihat diskon. Walau terdengar sulit, cara-cara ini akan membuatmu dapat mengumpulkan uang lebih banyak untuk berlibur.

Penghematan dan mencari dana tambahan demi mewujudkan liburan impian emang nggak mudah. Butuh komitmen dan motivasi dalam menabung uang untuk menambah bujet liburan. Coba deh cari cara untuk memotivasi diri sendiri, misalnya menempelkan foto tujuan wisata yang diinginkan atau meletakkan toples di tempat yang mudah dilihat untuk mengingatkanmu memasukkan uang ke dalamnya setiap hari.

2. Giat mencari uang masuk tambahan

Mencari pekerjaan sampingan bisa jadi solusi untuk mendapatkan uang tambahan. Nggak harus berganti pekerjaan lho, tapi manfaatkan kemampuan dan kelebihan yang kamu miliki. Misalnya kegemaran memasak bisa dimanfaatkan untuk membuka katering atau kemampuan menulis untuk menjadi penulis freelance. Uang tambahan yang didapat lumayan lho dijadikan tambahan untuk bujet liburan yang kamu inginkan.

3. Tetap fokus pada liburan yang terencana

Saat berlibur, terkadang sulit untuk mengontrol pengeluaran, terutama yang tidak terduga. Kelola pengeluaran dihari libur dengan terfokus pada liburan yang telah direncanakan. Bukan berarti sama sekali nggak bisa bersenang-senang, tapi sepakati jumlah yang akan digunakan selama menghabiskan liburan. Jaga supaya kamu tidak pulang ke rumah dalam keadaan kantong kosong ya! Semoga dengan cara-cara ini, kamu bisa mengumpulkan dana yang cukup untuk mendapatkan liburan impianmu.


 

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here